Total Tayangan Laman

Laman

Selasa, 20 Desember 2011

pembentukan Nasional Jerman


Dampak nasionalisme yang dibawa oleh Napoleon Bonaparte mempunyai 2 corak yaitu Nasionalisme anti pemerintah asing dan juga Nasionalisme untuk menyatukan negara-negara kecil yang serumpun. Eropa modern dibentuk oleh 3 peristiwa
1.      Aufclarung
2.      Revolusi Amerika
3.      Revolusi Perancis
Awal terbentuknya negara kesatuan Eropa terjadi Di Jerman, karena di Jerman tedapat banyak negara kecil yang otonom. Gerakan untuk mempersatukan negara-negara serumpun di Jerman dipelopori oleh Prusia lewat parlemen, namun gagal. Kemudian gerakan nasional dari rakyat juga gagal karena mendapat tentangan dari Austria dan Perancis. Hal ini dikarenakan banyak wilayah di Jerman yang dikuasai oleh Austria dan Preancis. Hambatan lain yang menghalangi pembentukan nasional adalah adanya tradisi-tradisi yang berbeda-beda. Antagonisme agama antara protestan dan lutheran. Membentuk dua aliran Nasionalisme :
1.      Aliran Jerman sempit menghendaki negara yang terbentuk adalah negara Prusia.
2.      Aliran Jerman Raya yang menghendaki negara yang terbentuk adalah negara yang terbentuk dari semua suku bangsa Jerman.
Konstitusi pertama dilakukan di Jerman Utara lewat upaya militer untuk menghilangkan pengaruh dan mengalahkan Perancis yang menguasai daerah tersebut. Negara kesatuan Jerman tercapai setelah Jerman berhasil mengalahkan Perancis. Pembentukan negara jerman di umumkan di Istana Versailes. Sebagai raja pertama adalah William I dan sebagai Perdana Menteri adalah Otto Von Bismarch.
Dalam rangka memperkokoh Jerman Perdana Menteri Otto Bismarch  memberlakukan beberapa kebijakan politik baik dalam negeri maupun luar negeri.
Di bidang politik dalam negeri
Ø  yaitu dengan melakukan penindakan kepada kaum katholik di Jerman, hal ini disebabkan karena Bismarch menganggap bahwa Vatikan berbahaya bagi Jerman
Di bidang politik luar negeri
Ø  mengisolir Perancis, Bismarch mempunyai pemikiran pada suatu saat nanti Perancis akan melakukan upaya balas dendam , caranya dengan bekerja sama dengan Rusia dan Spanyol untuk membuat suatu federasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar