Total Tayangan Laman

Laman

Senin, 19 Desember 2011

INdonesia Kuno


SOAL
1.      Letak kepulauan nusantara berada pada posisi  yang strategis terutama berkaitan dengan arti kepentingan niaga internasional sejak zaman kuno.
a.       Jelaskan letak posisi strategis tersebut berkaitan dengan kemungkinan terjadi hubungan antara  negara  indonesia  dengan negara-negarra  dikawasan Asia!!!
b.      Tunjukan dan coba gambarkan jalur niaga kuno yang melewati Nusantara sampai ke India.
2.      Jelaskan proses terjadinya masuknya kebudayaan India ke wilayah nusantara, berdasarkan  faktor letak!!!
3.      Awal sejarah suatu bangsa  dimulai dan diketahui sejak bangsa tersebut mengenal tulisan.
a.       Jelaskan pernyataan tersebut!
b.      Sejak kapan sejarah bangsa Indonesia bermula/dimulai???
c.       Buktikan sumber-sumbernya!!
4.      Sejarah pada zaman kuno banyak di warnai oleh perkembangan penngaruh India terutama pengaruh Hindu Budha .
a.       Jelaskan penngaruh tersebut
b.      Jelaskan secara singkat isi ajaran Hindu Budha
5.      Dalam perkembangan terakhir ditemukan sumber-sumber sejarah Indonesia Kuno dan diketahui adanya kerajaan awal sebelum kerajaan kutai dan Tarumanegara.
a.       Jelaskan pendapatmu kemungkinan adanya hubungan temuan sumber tersebut, dengan muncul  dan berkembangnya Kutai dan Tarumanegara yang satnini dianggap tertua!!!








Jawaban
1.       a.        Karena letaknya yang berada diantara dua benua dan sebagian wilayahnya terdiri dari lautan, maka Indonesia menjadi tempat persinggahan yang tepat bagi para pedagang Asia dan sekitarnya. Pelabuhan pelabuhan di Indonesia menjadi pusat perdagangan Internasional yang sangat ramai didatangi oleh para pedagang. Di Indonesia juga memiliki tanah yang sangat subur sehingga menyebabkan sumber daya alamnya melimpah dan dapat menghasilkan banyak hasil bumi yang dibutuhkan oleh masyarakat didaerah Asia Indonesia juga menjadi tempat persinggahan para pelaut yang melakukan ekpedisi, banyak pula pedagang dari asia singgah dan menetap di Indonesia dan melakukan kontak dan juga menikah di Indonesia sehingga terjadi hubungan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Asia lainnya.
b. 
hindu.jpg

2.      Para pedagang dari India datng untuk mencari daerah pemasaran dan juga mencari daerah penghasil dari sumber daya alam mereka singgah di kota kota pelabuhan yang ada di Indonesia yang pada saat itu ramai dengan para pedagang, para pedagang yang datang ke Indonesia. Kemudian mereka melakukan kontak sosial dengan penduduk setempat sehingga mereka menjadi warga dan tinggal di Indonesia ssambil mengajarkan agama serta kebudayaannya, termasuk merka juga mengajarkan agama Hindu dengan damai kepada masyarakat Indonesia yang belum punya kepercayaan yang kuat.


3.      .  a. pernyataan mengenai sejarah suatu bangsa dimulai saat bangsa mengenal tulisan muncul karena bukti berdirinya suatu negara baru bisa diketahui ketika bangsa tersebut meninggalkan peninggalan yang berupa tulisan tentang keaddan bangsa tersebut,
c.       Sejarah Indonesia dimulai ketika kerajaan Kutai yang berada di sungai Mahakam lahir, kerajaan kutai sudah mempunyai kebudayaan yang baik mereka juga telah mengenal tulisan, kerajaan Kutai menggunakan tulisan pallawa dan bahasa sansekerta.
d.      Bukti yang mendukung dari kerajaan Kutai adalah adanya yupa-yupa yangdibuat untuk acara sembahyang.
















4.          a. India memang pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan prasejarah di Indonesia karena sebagian besar budaya dan agama masyarakat kuno lebih berpedoman pada budaya dan agama masyarakat India, itu dikarenakan di India muncul agama Hindu yang mempunyai budaya yang kuat. Pengaruh tersebut dapat kita lihat dalam berbagai bidang seperti keagamaan, seni, budaya dan bahasa. Kebudayaan itu terlihat jelas ketika penemuan penemuan bukti sejarah kerajaan kerjaan pada zaman kuno menggunakan tulisan Pallawa dan menggunakan bahasa Sansekerta. Nama-nama raja dari kerajaan di Indonesia juga menggunakan nama nama dari India. Dalam seni bangunan banyak terdapat candi yang berasal dari seni Hindu dan Seni Budha, seperti dapat kita lihat adalah candi yang ada di Indonesia yang dibuat oleh Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra.
e.       Inti dari ajaran Budha dan Hindu adalah
·         Pratitya samudpada yang berarti manusia harus dapat mengendalikan keinginan-keinginannya karena dapat menimbulkan dusta.
·         Arya satyani mengajarkan bahwa di dunia ini tedapat kenyataan baik
·         Samadhi agar manusia dapat menjaga kesucian pikiran dan batinnya agar dapat mencapai Nirvana
·         Nirvana adalah tingkatan tertinggi dari ajaran Budha karena manusia ini harus melepaskan keinginan duniawi nya
·         Sedangkan ajaran Hindu mengajarkan manusia agar selalu menyembah dewa, karena dewa adalah yang menguasai alam semesta dan isinya.

5.      Menurut saya saat ini memang kita harus melihat sesuatu berdasarkan bukti dan juga hasil penelitian yang telah kuat faktanya, memang kerajaan kutai kemungkinan bukan kerajaan yang pertama di Indonesia, tetapi menurut ahli sejarah sampai sekarang belum ada pemberitahuan resmi tentang kerajaan lain sebelum Kutai, tetapi kemungkinan kerajaan Salakanegara memang ada dan juga mengawali cerita dari kerajaan yang pertama ada di daerah Indonesia. Karena menurut penelusuran raja dari kerajaan Salakanegara mempunyai anak yang kemudian dinikahkan dengan Raja Aswawarman, selain itu kemungkinan raja pertama dari kerajaan Tarumanegara juga memiliki ikatan dengan keluarga dari Salakanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar