Total Tayangan Laman

Laman

Minggu, 29 Juli 2012

Cina dan kehidupannya


Cina ,
Wilayah Cina merupakan daerah yang sangat luas, sehingga mempunyai banyak perbedaan perbedaan dalam kehidupan masyarakatnya. Perbedaan perbedaan ini mempengaruhi bentuk kepercayaan masyarakat di Cina, dengan perbedaan perbedaan tersebut orang Cina dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Peradaban yang tumbuh dan berkembang di Cina merupakan kebudayaan yang berasal dari dari hasil kreasi orang orang Cina sendiri, karena pada waktu dahulu pengaruh yang berasal dari luar Cina belum dapat menyentuh Cina.
            Kemajuan yang terjadi di Cina disebabkan karena orientasi bangsa Cina yang diarahkan ke masa lalu, sehingga tradisi tradisi yang ada mempunyai unsure unsur moral, hal ini dapat dilihat dengan adanya ajaran konfusius dan ajaran Tao. Orang Cina beranggapan bahwa alam harus dijaga dan dilestarikan, sehingga manusia dapat menggunakan untuk kesejahteraan bersama, karena mereka beranggapan bahwa alam dan isinya adalah suatu pemberian dari langit. Orang Cina juga sudah mengenal astronomi, mereka sudah mempunyai perhitungan tentang waktu untuk pertanian, sehingga astronomi mereka lebih condong kearah bidang pertanian, peradaban Cina dibagian utara berada disekitar lembah sungai Kuning, Konfusius dapat berkembang pesat di daerah ini, sedangkan didaerah Cina bagian selatan terdapat ajaran Tao, karena daerahnya yang sangat baik watak orang Cina adalah suka bekerja keras dan juga optimis, sehingga mereka dapat mengembangkan budaya mereka yang sangat maju pada masa itu, sungai sungai yang mengalir di Cina berasal dari dataran tinggi yang ada didaerah Tibet, sungai sungai besar ini pada perkembanganya digunakan sebagai jalur transportasi perdgangan di Cina. Peradaban di Cina cenderung kearah penyembah Dewa Matahari.
            Orang Cina yang pertama mendiami daerah ini diperkirakan sama dengan yang ada di India dan Mesopotamia, di kerajaan Cina terdapat banyak kerajaan kecil yang mempunyai pemerintahan yang terstruktur, bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan orang orang Cina didaerah Cina bagian utara penduduknya cenderung berkulit lebih terang karena mereka telah bercampur dengan orang orang Eropa, secara geografis Cina dibatasi oleh pegunungan pegunungan yang tinggi kondisi ini menyebabkan Cina terisolasi oleh daerah daerah luar. Orang Cina bersifat konservatif, hal ini terlihat dalam sikap dan juga etika nya. Dalam tradisi dan juga kepercayaannya Cina memang adalah sebuah daerah yang sangat maju, mereka sudah percaya bila didunia ini tidak hanya diiisi manusia dan makhluk hidup saja, namun juga diisi oleh banyak hal hal lain dan juga hal yang bersifat supranatural.  


dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar