Total Tayangan Laman

Laman

Rabu, 07 Januari 2015

Unsur Unsur Kebudayaan

kebudayaan setiap bangsa tau masyarakat terdiri dari unsur-unsur besar maupun unsur-unsur kecil yang merupakan bagian dari suatu kebulatan yang bersifat sevagai kesatuan. misalnya dalam ebudayaan Indonesia dapat dijumpai unsure besar seperti umpamanya Majelis Permusyawaratan Rakyat, disamping adanya unsure kecil seperti sisir, kancing, baju, peniti dan lainnya yang dijual di pinngir jalan.
Beberapa orang sarjana telah mencoba merumuskan unsure-unsur pokok kebudayaan tadi misalnya, Melville J. Herskovits mengajukan empat unsur pokok kebudayaan yaitu :
1.             Alat-alat Teknologi
2.             Sistem ekonomi
3.             Keluarga
4.             Kekuasaan politik
Bronislaw Malinowski, yang terkenal sebagai salah satu pelopor teori fungsional dalam antropologi, menyebut unsure-unsur pokok kebudayaan, antara lain :
1.             System norma yang memungkinkan kerjasama antara para anggota masyarakat didalam upaya menguasai alam sekitarnya.
2.             Organisasi ekonomi
3.             Alat-alat dan lembaga atau petugas pendidikan, perlu diingat bahwa keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama.
4.             Organisasi kekuuatan
Masing-masing unsure tersebut, beberapa macam unsure-unsur kebudayaan, untuk kepentingan ilmiah dan analisanya diklasifikasikan keddalam unsure-unsur pokok atau besar kebudayaan, lazim disebut cultural universal. Istilah ini menunjukan bahwa unsure unsure tersebut bersifat universal, yaitu dapat dijumpai pada setiap kebudayaan dimana pun di dunia ini. Para antropolog yang membahas persoalan tersebut secara lebih mendalam belum mempunyai pandangan seragam yang dapat diterima. Antropolog C. Kluckhon di dalam sebuah karyanya yang berjudul Universal Categories of Culture telah  menguraikan ulasan para sarjana mengenai hal itu.
Cultural-universal tersebut dapat dijabarkan lagi kedalam unsure-unsur yang lebi kecil. Ralph Linton menyebutnya kegiatan-kegiatan kebudayaan atau cultural activity. Contoh cultural universal pencaharian hidup dan ekonomi antara lain mencakup kegiatan yang melputi pertania, peternakan, system produksi system distribusi dll, kesenian misalnya meliputi kegiatan seni tari, seni rupa, tarik suara dll, selanjutnya Ralph Linton merinci kegiatan-kegiatan kebudayaan tersebut menjadi unsure-unsur yang lebih kecil lagi yang disebut trait-complex.
      Tujuh unsure kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universals
1.             Peralatan, perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat rumah tangga, senjata, alat produksi, transportasi dsb)
2.             Mata pencaharian hidup dan system ekonomi
3.             System kemasyarakatan (organisasi politik system kekerabatan dll)
4.             Bahasa )lisan atau tertulis)
5.             Kesenian
6.             System pengetahuan
7.             Religi (agama dan kepercayaan)

Sumber : sosiologi suatu pengantar (Prof. Dr Soerjono Soekanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar