Total Tayangan Laman

Laman

Sabtu, 24 Januari 2015

Kegunaan Statistika

Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi saat ini, ilmu statistika telah mempengaruhi hamper seluruh aspek kehidupan manusia, hamper semua kebijakan public dan keputusan-keputusan yang diambil oleh pakar pendidikan atau para eksekutif didasarkan dengan metode statistika serta analisis dan intepretasi data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Selanjutnya statistika dapat digunakan sebagai alat :
1.      Komunikasi ialah sebagai penghubung beberapa pihak yang menghasilkan data statistic atau berupa analisis statistic sehingga beberapa pihak tersebut akan dapat mengambil keputusan melalu informasi tersebut.
2.      Deskripsi yaitu penyajian data dan mengilustrasikan data misalnya mengukur hasil produksi, laporan hasil liputan berita, indeks harga konsumen, laporan keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, hasil pendapatan dan pengeluaran Negara dan lain-lain.
3.      Regresi yaitu meramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya dan untuk mengantisipasi gejala-gejala yang akan dating.
4.      Korelasi yaitu untuk mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian.
5.      Komparasi yaitu membandingkan data dua kelompok atau lebih.


Sumber Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika.Bandung. Alfabeta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar