Total Tayangan Laman

Laman

Senin, 01 April 2013

Kenakalan Remaja



            Era Globalisasi adalah sesuatu yang tidak mungkn dapat dihindarkan, baik oleh suatu negara maupun suatu golongan, diera globalisasi yang sangat maju ini manusia diseluruh dunia dituntut untuk dapat bersaing dalam berbagai bidang, sehingga setiap negara menyediakan akses yang tidak terbatas  dalam pencarian informasi. Karena adanya kebebasan dalam akses informasi muncul dampak negatif yang sangat berbahaya bagi kehidupan moral para pemuda Indonesia. Salah satunya adalah budaya Free Sex (seks bebas) kebiasaan ini sebenarnya tidak berasal dari kebiasaan kebiasaan orang orang Timur, kebiasaan ini awalnya adalah kebiasaan orang orang barat yang mempunyai pikiran pikiran tentang kebebesan hidup didunia. Kebiasaan yang tidak baik ini kemudia mulai menyebar ke seluruh dunia lewat akses dunia maya.
            Banyak Faktor penyebab terjadinya  seks bebas, bila kita lihat bersama remaja merupakan masa yang sangat labil, pada masa ini mereka selalu ngin mencoba hal hal yang baru, rasa ingin tahu yang sangat besar ini merupakan salah satu faktornya, disisi lain dorongan seksual yang terjadi pada remaja karena pengaruh media media tertentu menyebabkan seks bebas semakin marak dikalangan remaja. Kecenderungan ini biasanya terjadi pada kalangan remaja yang kurang menhayati ajaran agama yang dianutnya. Selain itu kurangnya pengetahuan tentang akibat dari tindakan yang mereka lakukan membuat mereka melakukan seks bebas tanpa mengetahui bahya yang akan mereka terima.
Sebenarnya  seks bebas yang dilakukan oleh remaja dapat menimbulkan banyak permasalahan baru yang sangat merugikan bagi pelakunya. Bila ditinjau dari segi kesehatan banyak sekali akibat buruk yang dapat ditimbulkan diantaraanya :
1.      Kehamilan yang tidak diinginkan dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan kehidupan ibu dan bayi yang dikandungnya.
2.      Aborsi
3.      Penyakit menular yang membahayakan bagi kehidupan pelaku diantaranya HIV/AIDS
Selain itu kondisi mental yang belum matang dapat juga menyebabkan adnya perasaan bersalah dan ketakutan sehingga dapat mengganggu kejiwaan dan juga mental pelaku, contoh yang sering terjadi adalah keinginan untuk bunuh diri, hal ini karena pelaku tidak kuat menahan aib yang dideritanya, depresi berlebihan, suka melamun, cemas merupakan salah satu tanda dari pelaku yang melakukan seks bebas.
            Cara untuk menghindarkan diri dari seks bebas dapat kita lakukan dengan cara mengisi waktu luang dengan hal yang positif untuk meningkatkan prestasi, memperkuat iman kepada Tuhan YME, jangan sering berduaan dengan lawan jenis dan yang terpenting tidak melakukan ajakan untuk melakukan seks bebas. Peran orang tua juga sangat penting bagi perjalan hidup para remaja, bila orang tua tidak melakukan pengawasan yang baik kepada anaknya, bahaya tersebut bisa saja terjadi pada buah hatinya.  Bila ditinjau dari segi agama Islam tindakan seks bebas adalah tindakan yang sangat hina bagi pelakunya, Allah SWT sangat membenci orang orang yang melakukan seks bebas/zina, dalam firmanya Allah SWT mengatakan bahwa rejeki yang akan didapatkan orang yang berzina akan dikurangi dan kelak diakherat juga akan disiksa dan dibakar dalam api neraka, sehingga orang tersebut menyesali perbuatannya yang melanggar norma agama tersebut.
 Semoga kita semua dapat menempatkan diri dengan baik agar hidup kita tidak hancur dan kita mempunyai masa depan yang cerah untuk kebahagiaan didunia dan akhirat.






terima kasih kepada PKL AKBID  KENDAL 2013 DESA NGAREANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar