Total Tayangan Laman

Laman

Minggu, 22 April 2012

Tujuan pendidikan Nsional


Bila ditinjau kembali perumusan tujuan pendidikan nasional di Indonesia dalam jangka dua puluh tahun terakhir ini, ternyata telah mengalami perubahan, atau perkembangan tertentu sejalan denganperubahan kebijaksanaan politik dan pembangunan nasional. Tujuan nasional ini merupakan tujuan jangka panjang dan sangat luas serta menjadi pedoman dari semua kegiatan atau usaha pendidikan dinegara ketika. Tujuan ini kemudian dijadikan landasan dalam menentukan tujuan sekolah dan tujuan kurikulum sekolah. Tujuan pendidikan nasionalmenjadi pedoman dari seluruh kegiatan dan lembaga nasional.Tujuan nasional ditetapkan oleh suatu lembaga nasional yangmewakili seluruh keinginan. Aspirasi dan cita-cita masyarakat dan bangsaIndonesia dalam keseluruhannya.
Ketentuan tujuan pendidikan telahditetapkan dalam sidang MPR Republik Indonesia No. XXV/MPRS/1966.bab dua pasal tiga dan pasal empat yang berbunyi sebagai berikut:"Tujuan pendidikan membentuk manusia Pancasilais sejati berdasarkanketentuan-ketentuan seperti yang dikehendaki oleh Undang-UndangDasar 45 dan isi Undang-Undang Dasar 45."Untuk mencapai dasar dan tujuan pendidikan nasional maka isipendidikan adalah sebagai berikut; Mempertinggi mental, moral, budipekerti dan memperkuat keyakinan beragama Mempertinggi kecerdasandan keterampilan Membina atau memperkembangkan fisik yang kuat dansehat.Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD’45 iniberfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutukehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upayamewujudkan tujuan nasional.
Bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia berimandan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawabkemasyarakatan dan kebangsaan. Dan rumusan ini merupakan tujuanpendidikan nasional di Indonesia.b) Tujuan institusionalTujuan institusional ini terdiri dari tujuan umum dan tujuankhusus. Tujuan umum menunjuk pengembangan warga negara yang baik.Sedangkan tujuan khusus meliputi pengembangan aspek-aspekpengetahuan, keterampilan dan sikap serta nilai. Tujuan institusional ini tertuang dalam setiap kurikulum sekolah.Secara struktural tujuan institusional itu dibawahi langsung oleh tujuanpendidikan nasional. Pada hakikatnya tujuan institusional merupakantujuan-tujuan yang bersifat antara atau sementara yang mengarah danberakhir pada tercapainya tujuan pendidikan nasional.Citra tujuan institusional adalah tercapainya keluarga pendidikan yangberkompetensi personal. Sosial, profesional yang fungsional bagi dirisendiri, masyarakat dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar