RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMA N
Mata Pelajaran :Sejarah Indonesia
Kelas/Semester :X/Ganjil
Materi Pokok :
Konsep
berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang,
dan
waktu dalam sejarah
Alokasi Waktu :4 JP (2 x pertemuan)
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Melalui
model pembelajaran discovery learning, peserta didik memahami cara berpikir
kronologis, diakronik dan sinkronik dalam mempelajari sejarah.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN: pertemuan ke
-1 (90 menit)
No |
Tahap/ Sintaks Model |
Kegiatan |
Nilai Karakter |
Waktu (Menit) |
|||
1. |
Kegiatan Pendahuluan:
|
·
Memberi salam, absensi, mengecek kebersihan kelas,
ketertiban kelas dan memotivasi. ·
Menanyakan kepada peserta didik perbeedaan konsep
berpikir kronologis, diakronik, simkronik, ruang dan waktu dalam sejarah |
Religius Gotong-royong Disiplin |
10 |
|||
2. |
Kegitan Inti:
|
· Peserta
didik membaca materi konsep berpikir sinkronik dan daikronik dalam sejarah di
buku paket dan internet · Peserta
didik mendiskusikan perbedaan konsep berpikir sinkronik dan diakronik · Peserta
didik menyampaikan hasil diskusinya · Kelompok
lain menanggapi presentasi · Guru
meluruskan jawaban peserta didik |
Kerja sama Tanggung Jawab Berpikir Kritis |
70 |
|||
3. |
Kegiatan Penutup |
· Peserta
didik menyimpulkan pengertian konsep berpikir kronologis, diakronik,
sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah · Guru
menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang · Menutup
pembelajaran · Memberi
salam |
Berfikir kritis Religius |
10 |
|||
|
|
TOTAL alokasi waktu 1x
pertemuan |
|
90 |
C.
PENILAIAN
Pengetahuan :Penilaian harian akhir
KD
Ketrampilan :Portofolio hasil
diskusi kelompok disalin setiap peserta didik
Sikap :Observasi dan
jurnal
Mengetahui
Kepala Sekolah Singorojo, Mei 2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar