Total Tayangan Laman

Laman

Jumat, 02 Februari 2018

RPP kelas 7 Lembaga Sosial Kur 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   :SMP Semarang
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester                      : VII (Tujuh) / Satu
Alokasi Waktu                        : 1X Pertemuan ( 2 JP)

A.    Kompetensi Inti
         1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
         2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alamd alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
         3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
         4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
  1.  
1.1  menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
      waktu dengan segala perubahannya
1.2  menghargai ajaran Agama   dalam berpikir dan  berperilaku  sebagai  penduduk Indonesia dengan  mempertimbangkan
      kelembagaan sosial, budaya,  ekonomi dan politik dalam
      masyarakat.
1.1.1. Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan dan  keberagaman  lembaga sosial   melalui do’a syukur.

1.2.1. Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran jenis lembaga sosial  
  1.  
2.2   Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan polikik.
2.2.1.  bertanya dengan santun  .
2.2.2.  tidak menyela pembicaraan guru / teman .
2.2.3.  Membantu teman yang kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran
2.2.4.  membantu teman yang mengalami kesulitan
  1.  
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat .
3.1.1. mendeskripsikan lembaga sosial keluarga
4
4.1 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dimasyarakat sekitar.
4.2  menghasilkan gagasan kreatif  untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.1.1. Menyajikan pengetahuan peserta didik  mengenai  jenis lembaga sosial dengan tepat secara tertulis dalam bentuk kompilasi.
4.1.2. Mempresentasikan pengetahuan bentuk-bentuk lembaga sosial dengan tepat secara lisan.
4.2.1. Menyajikan laporan jenis-jenis lembaga sosial

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Kompetensi Sikap Spiritual
a.       Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan dan keberagaman lembaga sosial  melalui do’a syukur.
b.      Bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran jenis lembaga sosial .

2.   Kompetensi Sikap Sosial
a.  bertanya dengan santun  .
b.  tidak menyela pembicaraan guru / teman .
c.   Membantu teman yang kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran
c.  membantu teman yang mengalami kesulitan

3.   Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1.   menjelaskan pengertian  lembaga keluarga
2.   mendeskripsikan jenis lembaga sosial keluarga

      D.  Materi Pembelajaran 
1. Lembaga  Keluarga
2. Fungsi Lembaga Keluarga
3. Tujuan

              E.      Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan       : Saintifik
2.   Metode              : Model Problem Solving Meeting

         F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
a.   Gambar
b.   Lembar kerjasiswa (panduan pengamatan gambar tentang lembaga sosial).

2.   Alat dan Bahan:
      a.   LCD Proyektor
      b.   Laptop/Komputer

3.  Sumber Pembelajaran:
                         a.  KEMENDIKBUD.2014.Buku Siswa.Ilmu Pengetahuan Sosial.Kelas VII.Jakarta:KEMENDIKBUD(hal.......).
         b. KEMENDIKBUD. 2014. Buku Guru.Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta:   KEMENDIKBUD (hal ......).
         c.  Lingkungan Alam, seperti: keluarga, sekolah, organisasi, kantor pemerintah, tempat ibadah,  dll.




        G.    Langkah-langkahKegiatanPembelajaran           

  1. Pertemuan Kesatu

    a. Pendahuluan (8 Menit)
      1)   Guru memberi salam.
      2)   Guru mengecek kehadiran siswa.
        3)   Guru menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
        4)   Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.
        5)    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.

b. Kegiatan inti (60 menit)
1)   Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan menampilkan gambar / foto keluarga
                         

 kemudian mengajak peserta didik untuk menyanyi lagu anak “satu-satu aku sayang ibu”
Peserta didik menulis hal-hal yang ingin diketahui dari tayangan gambar terkait dengan lembaga keluarga.

2)   Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal yang ingin diketahui berdasar pengamatan gambar tayangan. Contoh:
Apa perbedaan dua foto keluarga diatas? Mengapa setiap orang mempunyai keluarga?
Guru bersama peserta didik menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3)   Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam kelompoknya menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
4)   Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
5)   Mengomunikasikan
a.   Peserta didik mempresentasi hasil diskusi , yang lain menanggapi, bertanya dan menjawab.
b.   Peserta didik bersama guru mengklarifikasi jawaban peserta didik dengan sumber referensi yang ada.
c.   Guru memberi penguatan terhadap jawaban peserta didik sebagai kesimpulan.
d.   Peserta didik mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.

c. Kegiatan Penutup (12)
        1)     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
        2)     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
        3)     Pesera didik diberi pertanyaan lisan.
        4)     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
        5)     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral tentang peduli

          H.      Penilaian
1.   Kompetensi Sikap Spiritual
      a.     Teknik Penilaian: Observasi
      b.     Bentuk Instrumen: Lembar observasi
      c.     Kisi-kisi:

NO.
Butir Nilai (Sikap)
Indikator
Jumlah Butir Instrumen

1
Menghargai karuniaTuhan YME yang telah menciptakan keberagaman SDA.
Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan dan keberagaman SDA melalui do’a syukur.
1
Bersemangat dalam  mengikuti proses pembelajarankegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam.
1

         d.         Instrumen: lihat Lampiran 1A
         e.          Petunjuk Penentuan Nilai: Lihat Lampiran 1B

2.Kompetensi Sikap Sosial
a.   Teknik Penilaian: Observasi
b.   Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.   Kisi-kisi:

NO.
Butir Nilai (Sikap)
Indikator
Butir Instrumen
1
1.
Menunjukkan perilakurasa ingin tahu  dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan temansebaya.
Tidak menyela pembicaraan guru/teman  padawaktu yang tidak tepat.
1
Berbicara dengan tutur kata yang halus.
1
2

2.
Menunjukkan perilakupedulidalam interaksi sosial dengan lingkungan dan temansebaya.
Membantu teman yang kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran
1
Membantu teman  yang  mengalami kesulitan dalam memahami materi .
1


d. Instrumen: lihat Lampiran  2A untuk sikap  Santun dan 2 C untuk sikap Peduli
e. Penentuan Skor:lihat lampiran 4

3. Kompetensi Pengetahuan
a.     Teknik Penilaian: Tes tulis
b.     Bentuk Instrumen:  Tes  uraian
c.     Kisi-kisi

No.
Indikator
Jumlah  Butir Intrumen
Nomor  Butir Soal
  1.  
Jelaskan apa perbedaan keluarga inti dengan keluarga besar
1
1
  1.  
Apakah fungsi lembaga keluarga
1
2
  1.  
Jelaskan apa yang dimaksud dengan wajib belajar
1
3
  1.  
Sebutkan bentuk lembaga pendidikan yang ada
1
4
  1.  
Mengapa penduduk pedesaan bekerja sebagai petani
1
5
  1.  
Apa fungsi lembaga ekonomi
1
6
  1.  
Bagaimana pranata politik mengatur kehidupan  negara secara sejahtera
1
7
  1.  
Apa tugas KPU
1
8
9.
Mengapa pemeluk antar umat beragama harus mengembangkan sikap toleransi
1
9
10.
Sebutkan agama-agama yang ada dan diakui pemerintah Indonesia
1
10
jumlah

d.Instrumen: lihat Lampiran  3A
e. Petunjuk (Rubrik)Penentuan Skor:LihatLampiran 3B

4. Kompetensi Keterampilan
a.   Teknik Penilaian:
1)   Penilaian Produk
2)   Observasi

a.   Bentuk Instrumen:
1)  Rubrik Penilian Produk
2)  Lembar Observasi

b.   Kisi-kisi:

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menyajikan pengetahuan peserta didik  mengenai bentuk-bentuk pranata  dengan tepat secara tertulis.
1
  1.  
Mempresentasikan pengetahuan bentuk-bentuk pranata secara lisan.
2
3.
Menyajikan  gambar jenis  pranata dalam bentuk kliping.
3
d.Instrumen: lihat Lampiran  4A, 4 C dan 4 E
e. Petunjuk Penentuan  Skor: LihatLampiran 4B, 4 D dan 4 F.


                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar