RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :SMP Semarang
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) / Satu
Alokasi Waktu :
1X Pertemuan ( 2 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alamd alam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural)
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 menghargai ajaran Agama
dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
|
1.1.1. Mengucapkan rasa syukur atas
keberadaan dan
keberagaman lembaga sosial melalui do’a syukur.
1.2.1. Bersemangat
dalam mengikuti proses pembelajaran jenis lembaga sosial
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab
terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan polikik.
|
2.2.1. bertanya dengan santun .
2.2.2. tidak menyela pembicaraan guru /
teman .
2.2.3. Membantu teman yang kesulitan
menyelesaikan tugas pembelajaran
2.2.4. membantu teman yang mengalami kesulitan
|
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat .
|
3.1.1. mendeskripsikan lembaga
sosial keluarga
|
|
4
|
4.1 Menghasilkan
gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dimasyarakat sekitar.
4.2 menghasilkan gagasan
kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi,
dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
4.1.1. Menyajikan pengetahuan peserta didik
mengenai jenis
lembaga sosial dengan tepat secara tertulis dalam bentuk kompilasi.
4.1.2.
Mempresentasikan pengetahuan bentuk-bentuk
lembaga sosial dengan tepat secara lisan.
4.2.1. Menyajikan laporan jenis-jenis
lembaga sosial
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Kompetensi Sikap Spiritual
a. Mengucapkan rasa syukur atas
keberadaan dan keberagaman lembaga sosial melalui do’a syukur.
2. Kompetensi Sikap Sosial
a. bertanya dengan santun .
b. tidak
menyela pembicaraan guru / teman .
c. Membantu teman yang kesulitan
menyelesaikan tugas pembelajaran
c. membantu teman yang
mengalami kesulitan
3. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
Pertemuan Kesatu
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik dapat:
1. menjelaskan
pengertian lembaga keluarga
2. mendeskripsikan
jenis lembaga sosial keluarga
D. Materi
Pembelajaran
1. Lembaga Keluarga
2. Fungsi Lembaga Keluarga
3. Tujuan
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode
: Model Problem
Solving Meeting
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Gambar
b. Lembar
kerjasiswa (panduan pengamatan gambar tentang lembaga sosial).
2. Alat dan Bahan:
a. LCD Proyektor
b. Laptop/Komputer
3. Sumber Pembelajaran:
a.
KEMENDIKBUD.2014.Buku Siswa.Ilmu Pengetahuan Sosial.Kelas
VII.Jakarta:KEMENDIKBUD(hal.......).
b. KEMENDIKBUD.
2014. Buku Guru.Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas VII. Jakarta: KEMENDIKBUD
(hal ......).
G. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
- Pertemuan Kesatu
a. Pendahuluan (8 Menit)
1) Guru memberi salam.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.
3) Guru menanyakan apakah peserta didik
sudah membaca materi yang akan dipelajari dan memberikan pertanyaan terkait
dengan materi yang akan dipelajari.
5) Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberi stimulasi dengan
menampilkan gambar / foto keluarga
kemudian mengajak peserta
didik untuk menyanyi lagu anak “satu-satu aku sayang ibu”
Peserta didik menulis hal-hal yang
ingin diketahui dari tayangan gambar terkait dengan lembaga keluarga.
2) Menanya (Pernyataan/identifikasi masalah)
Peserta didik merumuskan hal-hal
yang ingin diketahui berdasar pengamatan gambar tayangan. Contoh:
Apa perbedaan dua foto keluarga
diatas? Mengapa setiap orang mempunyai keluarga?
Guru bersama peserta didik
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru melengkapi
pertanyaan yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3) Pengumpulan Data/informasi
Peserta didik dalam kelompoknya
menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait tujuan pembelajaran melalui
membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati lingkungan sekitar.
4) Mengasosiasi (Pengolahan Data)
Peserta didik mengolah informasi
yang diperoleh melalui membaca buku referensi yang ada, internet dan mengamati
lingkungan sekitar untuk membuat kesimpulan dari jawaban pertanyaan yang telah
dirumuskan terkait dengan tujuan pembelajaran.
5) Mengomunikasikan
a. Peserta didik mempresentasi hasil diskusi , yang lain
menanggapi, bertanya dan menjawab.
b. Peserta didik bersama guru mengklarifikasi jawaban peserta
didik dengan sumber referensi yang ada.
c. Guru memberi penguatan terhadap jawaban peserta didik
sebagai kesimpulan.
d. Peserta didik mencatat hasil diskusi dan kesimpulan.
c. Kegiatan Penutup (12)
1) Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2) Guru memberikan penjelasan atas
pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3) Pesera didik diberi pertanyaan
lisan.
4) Peserta didik diminta melakukan
refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan
pendekatan pembelajaran yang digunakan.
5) Peserta didik diberi pesan tentang
nilai dan moral tentang peduli
H.
Penilaian
1.
Kompetensi Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
NO.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Menghargai karuniaTuhan YME yang
telah menciptakan keberagaman SDA.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas keberadaan dan keberagaman SDA melalui do’a syukur.
|
1
|
Bersemangat dalam mengikuti proses
pembelajarankegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam.
|
1
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran 1A
e.
Petunjuk Penentuan
Nilai: Lihat Lampiran 1B
2.Kompetensi Sikap
Sosial
a.
Teknik Penilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
NO.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
1.
|
Menunjukkan perilakurasa ingin
tahu dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan temansebaya.
|
Tidak menyela pembicaraan guru/teman padawaktu
yang tidak tepat.
|
1
|
Berbicara dengan tutur kata yang halus.
|
1
|
||
2
2.
|
Menunjukkan perilakupedulidalam
interaksi sosial
dengan lingkungan dan temansebaya.
|
Membantu
teman yang kesulitan menyelesaikan tugas pembelajaran
|
1
|
Membantu teman yang mengalami kesulitan
dalam memahami materi .
|
1
|
d. Instrumen:
lihat Lampiran 2A untuk sikap Santun dan 2 C untuk sikap
Peduli
e. Penentuan
Skor:lihat lampiran 4
3. Kompetensi Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes tulis
b.
Bentuk Instrumen: Tes uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Intrumen
|
Nomor Butir Soal
|
Jelaskan apa
perbedaan keluarga inti dengan keluarga besar
|
1
|
1
|
|
Apakah fungsi
lembaga keluarga
|
1
|
2
|
|
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan wajib belajar
|
1
|
3
|
|
Sebutkan bentuk
lembaga pendidikan yang ada
|
1
|
4
|
|
Mengapa penduduk
pedesaan bekerja sebagai petani
|
1
|
5
|
|
Apa fungsi
lembaga ekonomi
|
1
|
6
|
|
Bagaimana pranata
politik mengatur kehidupan negara secara sejahtera
|
1
|
7
|
|
Apa tugas KPU
|
1
|
8
|
|
9.
|
Mengapa pemeluk antar umat
beragama harus mengembangkan sikap toleransi
|
1
|
9
|
10.
|
Sebutkan agama-agama yang ada dan
diakui pemerintah Indonesia
|
1
|
10
|
jumlah
|
d.Instrumen:
lihat Lampiran 3A
e. Petunjuk
(Rubrik)Penentuan Skor:LihatLampiran 3B
4. Kompetensi Keterampilan
a. Teknik
Penilaian:
1) Penilaian
Produk
2) Observasi
a. Bentuk
Instrumen:
1) Rubrik
Penilian Produk
2) Lembar
Observasi
b. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menyajikan pengetahuan
peserta didik mengenai
bentuk-bentuk pranata dengan tepat secara tertulis.
|
1
|
|
Mempresentasikan pengetahuan bentuk-bentuk pranata secara lisan.
|
2
|
|
3.
|
Menyajikan
gambar jenis pranata dalam bentuk kliping.
|
3
|
d.Instrumen:
lihat Lampiran 4A, 4 C dan 4 E
e. Petunjuk
Penentuan Skor: LihatLampiran 4B, 4 D dan 4 F.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar