Total Tayangan Laman

Laman

Jumat, 03 Oktober 2014

Simbol dan Makna dalam acara Selamatan

Masyarakat Jawa tidak lepas dari sesuatu yang berhubungan dengan ritual tradisi, baik sebelum dilahirkan maupun setelah meninggal, dalam perkembangannya masyarakat menggunakan perlengkapan tertentu dalam ritual tradisi yang biasanya disebut Uborampe, berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang digunakan yang juga mempunyai makna bagi masyarakat Jawa :

a. Tumpeng
Masyarakat Jawa menggunakan Tumpeng sebagai salah satu perlengkapan dalam setiap ritualnya, tumpeng ini melambangkan suatu cita-cita yang sangat besar yang dimiliki oleh masyarakat, Tumpeng juga menjadi sebagai salah satu wujud permohonan kepada Allah SWT.

b. Sega/ Nasi
Nasi digunakan sebagai bahan pelengkap dalam suatu ritual, dengan warna yang putih bersih Nasi mempunyai Makna bahwa dalam setiap doa yang dilakukan oleh masyarakat Jawa bersifat bersih dan suci.

c. Ingkung
Merupakan suatu pelengkapa yang biasanya berupa masakan ayam yang utuh, Ingkung ini mempunyai makna, bahwa masyarakat dalam berdoa harus dalam keadaan pasrah kepada Allah SWT.

d. Jenang dan Bubur
Merupakan salah satu bahan pelengkap dalam banyak tradisi yang ada di masyarakat Jawa, jenang dan bubur mempunyai banyak jenis diantaranya jenang atau bubur abang dan putih, makna dari jenang dan bubur ini adalah agar masyarakat yang mempunyai perbedaan dalam kehidupannya dapat bersatu untuk beribadah kepada Allah SWT.

e. Ketupat
Merupakan salah satu Uborampe yang ada pada saat Hari Raya Idul Fitri, Ketupat ini mempunyai makna bahwa didalam hari kemenangan manusia harus membersihkan hati dan bersedia meminta maaf kepada masyarakat lainnya.


dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar