Total Tayangan Laman

Laman

Jumat, 12 Oktober 2012

GURUKU PAHLAWANKU

Pendidikan merupakan acuan dari kemajuan sebuah bangsa, hal ini dikarenakan semakin maju pendidikan suatu bangsa, maka akan maju pula perekonomian dan juga kesejahteraan suatu bangsa. Kemajuan pendidikan dapat tercapai karena adanya sosok seorang guru. Guru adalah seorang yang sangat penting bagi setiap bangsa, tanpa adanya guru guru yang professional kemajuan pendidikan tak akan pernah mencapai tujuan yang diinginkan.  Pada saat ini keprofesionalan guru di Indonesia masih diragukan, banyak guru guru yang masih belum mengajar sesuai bidangnya, dibanyak tempat guru masih merangkap banyak bidang studi yang bukan bidangnya, sehingga kualitas pengajarannya cenderung bersifat hafalan.
System pengajaran yang asal asalan inilah yang membuat pendidikan di Indonesia cenderung jalan ditempat, oleh karena itu seharusnya ada upaya perbaikan perbaikan dalam rangka memajukan sikap keprofesionalan guru. Bukan aja keprofesionalan yang dipertanyakan hal lain yang lebih penting adalah kualitas guru yang tidak baik yang cenderung hanya melakukan ceramah membosankan untuk para sisiwa, hal ini menyebabkan adanya ketidaknyamanan dalam kelas yang membuat para siswa menjadi tidak betah didalam kelas. Pada saat ini guru hanya melakukan upaya mengajar saja namun tidak memikirkan bagaimana dia akan mendidik muridnya agar kelak menjadi pribadi yang baik.
Pendidikan Indonesia yang lebih mementingkan angka daripada moral membuat para guru kini hanya berpikir tentang prestasi dan melupakan tentang mendidik, pendidikan yang seperti ni sangat bertolak belakang dengan karakter bangsa Indonesia, walaupun para guru juga sudah menyadari hal tersebut namun nyatanya mereka juga tidak dapat merubah hal itu. Mungkin karena pendidikan di Indonesia sekarang lebih mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan dan juga tekhnologi daripada pendidikan tentang karakter asli bangsa Indonesia.
Terjadinya tawuran antar pelajar pada beberapa waktu lalu, memberikan banyak kesimpulan bahwa para pendidik belum berhasil untuk melaksanakan salah satu tujuan pendidikan. Dalam masalah ni seharusnya para guru berpikir kembali tentang pengajaran yang dilakukannya, guru pada zaman sekarang cenderung sudah tidak mempunyai beban moral untuk mengajarkan, mendidik dan memperbaiki moral para generasi bangsa. Guru hanya berpikir bahwa dia harus selesai membacakan materinya dan menyampaikan ilmunya setelah itu dia menerima upah hasil kerjanya tanpa melihat aspek peningkatan atau penurunan moral siswanya. Pendidikan karakterpun nampaknya menjadi jalan yang memang harus ditempuh oleh badan pendidikan dalam rangka memperbaiki susunan karakter para siswa, pendidikan karakter tersebut harus mulai dilakukan, dalam penerapannya guru harus berperan aktif, karena tanpa peran aktif yang dilakukan oleh seorang guru keinginan untuk memperbaiki karakter para siswa tidak akan berjalan secara maksimal. Aspek aspek tentang moral memang selalu ada dalam setiap rencana pengajaran yang dituliskan dan dibuat oleh seorang guru, namun hal hal tersebut hanya dianggap angin lalu dan nilai lah yang menjadi seuatu yang lebih penting diatas segalanya, mereka lebih banyak mendapatkan pelajaran pelajaran tentang ilmu pasti dan mengesampingkan tentang ilmu social.
Selain itu tidak meratanya pendidikan di Indonesia membuat tujuan dari pendidikan nasional tidak dapat terpenuhi,ujan Negara yang setiap tahun dilaksanakan nampaknya terlalu memberatkan para siswa yang hidup didaerah daerah tertinggal. Pendidikan di Indonesia saat ini hanya terpusat didaerah daerah perkotaan saja dan tidak menjangkau daerah daerah pedalaman, upaya badan pendidikan nasional yang belum maksimal membuat adanya kesenjangan pendidikan yang sangat jauh berbeda. fasilitas yang kurang memadahi membuat pendidikan didaerah tertinggal sangat terbelakang, standarisasi gurupun mutlak dilakukan agar pemeratan pendidikan dapat tercapai, hambatan hambata itulah yang selalu menaungi pendidikan yang dilakukan di Negara Indonesia ini, banyak hal yang menjadi hambatan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa namun dalam pembukaan UUD 1945 tujuan tersebut akan selalu diupayakan oleh pemerintah dan juga badan pendidikan nasional.
Dan semoga seterusnya pendidikan di Negara tercinta ini semakin berkembang, karena bila perkembangan itu terjadi dampaknya akan terasa didunia masyarakat, dan perkembangan itu sebaiknya kearah social yang lebih baik, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia ini akan semakian maju, dan saya berharap kepada bapak ibu guru semua agar selalu memperbaiki diri, karena guru adalah manusia yang menurut saya paling istimewa dan sampai mati pun jasanya akan selalu ada, sebagai seorang pahlawan bangsa guru harus mendapat apresiasi yang besar agar kehidupannya terjamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar