Total Tayangan Laman

Laman

Sabtu, 14 September 2013

Kehidupan dan Kebudayaan Indonesia Kuno



Indonesia adalah negeri yang subur dan kaya akan sumber sumber daya alam sehingga sejak zaman kuno Indonesia telah ditinggali oleh banyak suku suku pendatang dari luar Nusantara. Perkembangan budaya masa lalu ini dapat diketahui melalui penyelidikan archeologis dan penyelidikan linguistik. Mungkin kita masih bertanya tanya arti dari kedua kata tersebut, berikut ini  akan kami jabarkan satu per satu,  Penyelidikan Archeologis adalah salah satu sumber sejarah yang berupa benda benda peninggalan dari masa lalu yang digunakan untuk melihat seberapa maju nya kegiatan kehidupan bermasyarakat pada zaman kuno, sedangkan penyelidikan linguistik merupakan salah satu cara untuk mencari keterkaitan suatu suku bangsa dinilai dari ciri ciri bahasa dan kesamaan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari hari.
Dari dua metode yang digunakan tadi dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pada masa Indonesia kuno kehidupan masyarakat telah berkembang dan memiliki unsur unsur kebudayaan dan ilmu pengetahuan telah berkembang di Indonesia walaupun masih tergolong sederhana, adapun  contohnya adalah
·         Pertanian yang merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat yang meninggali wilayah wilayah yang subur dan telah menanam padi sebagai bahan makanan pokok di wilayah wilayah Nusantara.
·         Pembuatan kapal merupakan kemajuan dalam masyarakat dalam ilmu pengetahuan, dengan kapal kapal sederhana ini banyak suku suku menyebrangi wilayah wilayah yang terpisah oleh laut.
·         Pembuatan alat logam di Nusantara sudah ada sejak zaman dahulu, banyak barang dan perhiasaan yang dibuat oleh orang pribumi, pembuatannya melalui cara pembakaran dan penempaan.
·         Ilmu perbintangan dipakai masyarakat untuk menentukan waktu menanam tumbuhan, selain itu ilmu perbinytangan juga digunakan untuk melihat musim.
·         Pembuatan pakaian sederhana merupakan salah satu hal yang telah ada di masyarakat pada zaman kuno.
·         Kepercayaan animisme/ Dinamisme.
Dengan melihat hal hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa Indonesia memang telah memiliki budaya budaya yang baik, sehingga harus dipertahankan agar budaya budaya yang ada tersebut tidak kalah dan tergerus zaman.

Selasa, 10 September 2013

Hakekat ISLAM

A. Pengertian Islam

Tidak ada keberuntungan bagi umat manusia di dunia dan akhirat kecuali dengan Islam. Kebutuhan mereka terhadapnya melebihi kebutuhan terhadap makanan, minuman, dan udara. Setiap manusia membutuhkan syari'at. Maka, dia berada di antara dua gerakan: gerakan yang menarik kepada perkara yang berguna dan gerakan yang menolak mara bahaya. Islam adalah penerang yang menjelaskan perkara yang bermanfaat dan berbahaya.
Kata Islam menurut pandangan umum yang berlaku, biasanya mempunyai konotasi dengan dan diartikan sebagai “agama Allah”. Agama, artinya jalan. Agama Allah berarti jalan Allah, yaitu jalan menuju kepada-Nya dan bersumber daripada-Nya. Allah adalah Tuhan seru sekalian alam, Tuhan yang menciptakan, menguasai, mengatur alam semesta ini.
Islam adalah agama Allah; yang berarti Islam adalah jalan menuju kepada Allah dan yang bersumber daripada-Nya.
Secara etimologis, kata Islam memang memiliki banyak pengertian, antara lain:
a. Kata Islam yang berasal dari kata kerja aslama, yuslimu, dengan pengertian “menyerahkan diri, menyelamatkan diri, taat, patuh dan tunduk”.
b. Dari segi kata dasar salima, mengandung pengertian antara lain “selamat, sejahtera, sentosa, bersih dan bebas dari cecat/cela”.
c. Jika dilihat dari kata dasar salam, maka akan berarti “damai, aman, dan tenteram”.
Islam adalah berserah diri kepada Allah dengan tauhid dan tunduk kepada-Nya dengan taat dan berlepas diri dari perbuatan syirik dan pelakunya. Barangsiapa yang

STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI



Anak usia dini adalah nak yang baru dilahirkan hingga memiliki renta usia hingga kurang lebih 5 sampai 6 tahun. Kita tahu bahwa pada usia ini, anak memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali, mempelajari dan menyerap sesuatu dimana hal tersebut akan mempengaruhi sudut pandangnya di masa selanjutnya sehingga dalam rentan usia ini sering disebut usia emas.
Walaupun disebut sebagai usia emas, namun pada rentan usia ini anak memiliki karakteristik kemampuan kognitif yang cukup unik sehingga dibutuhkan bebrapa strategi  dalam penyampaian materi pendidikan demi menunjang kemampuan logika anak berkembang dengan pesat.
Berkenaan dengan beberapa sifat anak usia dini secara umum yang mungkin dapat berlaku sebagai halangan belajar seperti : anak usia dini sangat mudah jenuh, mereka lebih aktif dan tidak suka belajar pasif, sulit fokus dan konsentrasi, maka ada beberapa strategi khusus yang mungkin saja dapat digunakan agar dapat merangsang stimulan anak untuk mau belajar dengan gembira.
Pertama adalah perhatian yang intens. Guru harus mampu memberikan perhatian khusus pada semua muridnya karena hal ini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan diri si kecil ketika dia merasa da yang memperhatikan. Selain itu pengajar juga dapat menjadi lebih dekat secara emosional kepada sng terdididk sehingga penyampaian materi akan lebih mudah diterima.
Selanjutnya adalah pembarian dorongan. Stimulasi harus diberikan secara menyenangkan sehingga anak lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu dan meningkatkan keberanianya. Hal ini sangat dibutuhkan sebagai sarana pemupukan karakter yang baik sedini mungkin.
Memberikan umpan balik adalah hal yang harus dilakukan selanjutnya. Hal ini menjadi snagat penting untuk mengukur seberapa jauh kemampuan anak dalam menangkap pembelajaran yang telah diberikan dan juga berperan sebagai stimulan.
Memberikan model atau contoh juga menjadi hal yang akan sanagt bermanfaat. Hal ini kan membantu anak untuk lebih mudah memahami bahan ajar yang sedang mereka pelajari dan membantu mereka dalam menjabarkan permasalahan-permasalahan dalm soal-soal. Seorang anak adalah sangat peniru dan membutuhkan keteladanan, sehingga cara ini akan mampu melekat dengan kuat bila sang anak mau untuk mengikutinya.  

OLEH : SYAIFUL HAQUE
NIM    : F2B012003

contoh soal



PILIHAN GANDA
1.       Salah satu mata uang yang beredar pada masa awal kemerdekaan yang mempengaruhi inflasi indonesia adalah
a.       Euro
b.      Dolar
c.       De javasche Bank
d.      Yuan
e.      Poundsterling
2.       Salah satu upaya untuk memnembus blokade yang dilakukan oleh Belanda adalah
a.       Mencari bantuan kepada Jepang
b.      Diplomasi beras ke India
c.       Diplomasi beras ke Cina
d.      Perang langsung melawan Nica
e.      Bersekutu dengan Jerman
3.       Mata Uang yang paling banyak berdar di Indonesia pada masa setelah Indonesia merdeka yang diganti dengan ORI adalah
a.       Mata Uang Belanda
b.      Mepang
c.       ata uang Jepang
d.      mata uang Euro
e.      mata uang Pound
4.       Menterikeuangan Indonesia yang melaksananakan program Pinjaman Nasional adalah
a.       Ir soekarno
b.      Ir Surachman
c.       Bj Habibi
d.      Soeharto
e.      Ali Mansur
5.       Salah satu tokoh yang mengajukan pembentukan badan perancang ekonomi adalah
a.       dr  A.K. Gani
b.      dr  Soetomo
c.       dr  Kariadi
d.      dr  Wahidin Soediro Husodo
e.      dr Imran
6.       kasimo Plan adala salah satu inisiatif dari Menteri Urusan Bahan Makanan adalah
a.       Menteri Keuangan
b.      Menteri Kasimo
c.       Menteri Kemakmuran
d.      Drs Moh Hatta
e.      Ir Soekarno

MATERI SKU PENEGAK BANTARA



TAGIHAN SOAL 1 RAJIN DAN AKTIF MENGIKUTI PERTEMUAN-PERTEMUAN
AMBALAN PENEGAK
Anggota Ambalan Penegak selalu aktif dalam kegiatan di Ambalan Penegak. Dalam hal ini artinya tidak pernah bolos dalam latihan mingguan atau kegiatan ambalan lainnya kecuali dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dibuktikan dengan absensi kehadiran ekstra pramuka. Sekurang-kurangnya telah mengikuti ekstra pramuka sebanyak 18 (delapan belas) kali. Pertemuan-pertemuan Ambalan Penegak juga bisa berupa pertemuan di luar Ambalan sekolah. Misalnya di DKR, DKC, latihan/ kunjungan ke pramuka penggalang, satuan karya (Saka), dan kegiatan kepramukaan lainnya yang  dibuktikan dengan surat keterangan dari pembinanya.